rumahhfazh.or.id (Jakarta) – Majelis Ulama Indonesia (MU) tetap akan netral dalam Pemilu 2019 meskipun Ketua Umum MUI (non-aktif) sekarang, KH Ma’ruf Amin, mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Presiden berpasangan dengan Joko Widodo.

Penegasan sikap netral MUI ini disampaikan Wakil Ketua Umum MUI Pusat Prof Dr H Yunahar Ilyas. “Meski ada individu yang juga tim sukses, kami secara organisasi netral,” ungkap Buya Yunahar di Kantor MUI Pusat, Jl Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 9 April 2019.

Yunahar menilai jika politik adalah hak dari setiap warga negara, maka MUI tidak akan mengeluarkan larangan karena hak politik sudah diatur dalam Undang-undang negara.

Terkait Pilpres, lanjut Yunahar, MUI juga tidak memiliki komitmen untuk menentukan sikap dalam mendukung salah satu Capres dan Cawapres.

“Ulama tidak terbelah karena sikap politik itu pribadi. Mereka pribadi punya kecenderungan politik di 01 atau 02 ya silahkan,”tambahnya.

Ketua PP Muhammadiyah itu meminta agar para ulama tidak melakukan hal yang negatif dan ikut menyebarkan berita hoaks. “Jangan ulama bikin makin panas, membuat panasnya itu agar secara terukur tidak melanggar apa yang digariskan oleh Islam,” kata dia.

Sebelumnya, Buya Yunahar juga menyampaikan, dalam Pemilu 2019 nanti MUI ingin yang terpilih adalah yang terbaik. Sebab MUI juga sudah menjelaskan bagaimana cara memilih pemimpin yang baik. Kalau menurut masyarakat kedua calon pemimpin baik, maka pilih yang paling baik. Kalau kedua calon pemimpin dianggap buruk, pilih yang lebih sedikit buruknya.

Begitu juga untuk memilih calon legislatif, MUI mempersilahkan masyarakat memilih mereka sesuai kriteria. “Seperti pemimpin yang amanah, cakap, fathonah dan aktif, tentu dalam konteks MUI memperjuangkan kepentingan Islam dan umat Islam,” ujarnya seperti dikutip dari voa-islam.[]

Oct/rumahhufazh.or.id

______________________________________________________________

Ayo bantu program berantas buta huruf Al-Quran bersama LPI-RH. Enam puluh lima persen penduduk Indonesia masih buta huruf Al-Quran.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan untuk membantu program kami.

LPI-RH melakukan penyaluran kepada lebih dari 20 penerima manfaat setiap bulannya, dengan penyaluran rata-rata 20 juta per bulan dan menghasilkan lebih dari 180 aktivitas pendidikan masyarakat per bulan.

Karena komitmen LPI-RH adalah mendorong SDM Pendidik dan Pendakwah membina masyarakat Islam. Kami peduli dan kami ajak Anda peduli.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan ke no.rekening,

BSM 70 9157 3525 a.n Yayasan Rumah Hufazh QQ Infaq

Konfirmasi ke 08961324556.

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.