[td_block_social_counter facebook=”rumahhufazh” instagram=”rumahhufazh”]

Profil Yayasan Rumah Hufazh

Yayasan Rumah Hufazh didirikan pada tahun 2015 dan telah memiliki surat keputusan Surat Keputusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU-0012764.AH.01.04.Tahun.2015 yang mengesahkan eksistensi kelembagaan dan aktifitas Yayasan Rumah Hufazh yang pada hakikatnya memiliki tujuan mulia.

Yayasan Rumah Hufazh adalah suatu usaha pendidikan, dakwah dan fundrising dimana didalamnya berkumpul mereka yang telah lama bergelut dalam dunia pendidikan, baik dalam perintisan, pelaksanaan bahkan pemetaan konsep pendidikan di berbagai daerah.

Berkantor pusat di Bandung, kami memiliki tim pemimpin yang kuat dengan pengalaman bertahun-tahun di dunia pendidikan dan dakwah.

Tim manajemen kami membawa pengalaman pendidik, perintis dan pengelola dengan kualitas keunggulan selama bertahun-tahun.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi Model Lembaga Infaq dan Pengembangan Insani yang Amanah & Profesional dalam Membangun Generasi Qur’an.

Misi

  1. Memberi tunjangan (kafalah) para hufazh agar dapat memperluas aktivitasnya.
  2. Memberikan beasiswa kepada para calon hufazh.
  3. Membangun rumah huffazh diseluruh Indonesia.
  4. Bekerjasama dengan lembaga pendidikan yang ada dalam membentuk sumber daya huffazh yang berkualitas.
  5. Membangun kerjasama dengan lembaga dan pemerintah dalam penanganan masalah sosial dan kemanusiaan.

Kepengurusan Yayasan Rumah Hufazh

Dewan Pembina    
     
Ketua   Ismed Fassah, M.Si
     
Anggota   Adi Kurniawan, S.T
     
     
     
Dewan Pengawas   Ahmad Syaikhu
     
    Yudi Ratman, S.H
     
     
     
Badan Pengurus Harian    
     
Ketua Umum Yayasan rumah hufazh   Nasir Nasirul Haq, SSi
     
Wakil ketua   Setyo Haryono,S.E
     
    Irfan Budiman,S.E
     
Bendahara   Zakir Salmun
     
Wakil bendahara   Ruci Abdullah Murti, S.E
     
Sekretaris   Noor Sewoko, S.Pd.I
     
Wakil sekretaris   Hendrakus
     
     
     
LPI RH    
     
Direktur LPI Rumah hufazh   Sendia Gotama Wibawa, Lc

Program Yayasan

GALANG – BANGUN – PEDULI

GALANG

Galang adalah sebuah semangat untuk saling mengisi. Mengalang partisipasi masyarakat berupa materi ataupun non materi.

Program galang kami:

– Galang kencleng

– Galang infak

– Galang wakaf

– Galang donasi rutin

– Galang kerjasama program

Galang Kencleng adalah salah satu program andalan kami sebagai lembaga infaq. Dari sini kami membuktikan bahwa kami tidak hanya menerima infaq dalam jumlah besar. Moto kami pada program ini adalah “seribu rupiah kita galang sejuta makna bangun generasi” mencerminkan Partisipasi dari semua kalangan. Moto kami pun menjelaskan bahwa untuk membangun sebuah generasi dapat dimulai dari yang kecil walau dengan seribu rupiah.galang kencleng juga melatih kita untuk gemar berinfak setiap harinya.

Galang Infak adalah bentuk penggalangan yang kami fasilitasi untuk mereka yang ingin infak yang penyalurannya kepada kegiatan dakwah poduktif berpotensi jariyah dan pengembangan para penghafal Alquran.

Galang Wakaf adalah bentuk penggalangan menarik bagi para muhsini yang menginginkan amal yang terus bernilai pahala selama manfaatnya terasa. Galang wakaf biasanya kami saukrkan untuk pembangunan markaz dakwah, fasilitas dakwah, fasilitass penidikan tahfizh Alquran dan lainnya.

Galang Donasi Rutin adalah bentuk penggalangan bagi mereka yang memiliki keinginan untuk beristiqomah dan berkomitmen berinfak dan sedekah menjadi setiap bulan ataupun mingguan.

Galang Kerja sama adalah bentuk kerja sama berdasarkan kesepakan antara Yayasan rumah hufazh dengan lembaga mitra berupa peluang, penggunaan, bahkan pelaksanaan progam galang bersama, dengan harapan dari kerja sama ini terjalin juga kesepahaman gerakan berantas buta huruf Alquran bersama.  

BANGUN

Bangun adalah bukti semangat perjuangan kami. Prioritas kami adalah Membangun Wadah, membangun konten dan membangun SDM.

Program bangun:

– Bangun UNITREN Rumah hufazh  

– Bangun Kurikulum

– Bangun SDM

Bangun UNITREN Rumah Hufazh adalah membangun sebuah Unit mini Pesantren di bawah pengawasan Yayasan Rumah Hufazh di tengah masyarakat. Ini program utama kami sebagai lembaga pengembangan insani. Di sana akan terlihat bahwa perjuangan kami mencetak generasi Qurani benar-benar nyata. Program ini merupakan implementasi misi organisasi kami. UNITREN ini adalah wadah mutli fungsi di tengah masyarakat.  

Kami mengharapkan para penghafal Quran bisa terus bertambah di Indonesia. Karenanya kami mencanangkan akan membuat sebanyak-banyaknya Rumah Hufazh pada setiap kabupaten/kota di Indonesia. Untuk satu Rumah Hufazh kami menargetkan 10-12 peserta didik atau santri/wati yang akan dibina oleh seorang Hufazh. Setiap santri/wati adalah lulusan SMA/sederajat yang ingin belajar Al Quran dan menghafalkannya.

Bangun Kurikulum adalah membangun kurikulum dan konten pendidikan berbasis Alquran. Perhatian kami kepada pendidikan Alquran menjadi hal yang utama. Kami menyadari erlu pendidikan holistik berbasis Alquran untuk membangun sebuah generasi Qurani. Kurikululm ini kami bangun, mulai dari pendidikan usia dini hingga pendidikan tinggi.

Bangun SDM adalah adalah membangun para penggerak serta inisiator pendidik dan da’I berbasis Alquran. Memperkuat SDM pendidik adalah hal yang menjadi keharusan. Kami melihat pendidik adalah sumber referensi literasi utama bagi murid yang bersentuhan langsung.

Program bangun ini juga akan menuju kerja sama dengan mitra lembaga pendidikan bagi mereka yang ingin mengembangkan lembaga dengan program yang kami kembangkan berupa kurikulum dan pembinaan SDM.

PEDULI

Peduli adalah bentuk tanggung jawab kami kepada masyarakat. Dalam program ini kami akan membuktikan bahwa orang-orang yang terlibat dalam rumah hufazh bisa peduli dengan masyarakat sekitar.

Program Peduli:

– Peduli Buta Huruf Alquran

– Peduli kemanusiaan

Peduli Buta Huruf Alquran adalah peduli kepada kemampuan baca tulis Alquran bagi masyarakat Indonesia. Data menyebutkan bahwa 80% penduduk muslim Indonesia belum lancar baca Alquran, darinya 60 % tersebut adalah mereka yang tidak bisa mengenal dan menyusun huruf hijaiyah.

Kampanye ini adalah ruh pergerakan yayasan rumah hufazh. Mengajak para SDM, santri dan lembaga mitra untuk peduli kepada isu buta huruf Alquran ini.

Peduli Kemanusiaan adalah peduli kondisi umat dan bangsa yang sedang tertimpa musibah di belahan dunia, baik di indonesia ataupun di luar negeri. Selain menggalang bantuan dari masyarakat, kami juga memiliki kewajiban menggerakan semua elemen yang berada di lingkaran kami, mulai dari SDM, santri, hingga mitra untuk peduli kepada kondisi umat yang sedang membutuhkan batuan kemanusiaan.

Kontak

Kantor Pusat Yayasan:

Jalan Lembah Permai, RT 01 RW 05, Sariwangi, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559

Kantor Cabang :

Cabang Bekasi: (LPI-RH Office)

Jalan KH Ahmad Madani, No 122 Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat

Cabang Jakarta:

Jl.Gardu 61 A, Balekembang, (Condet) Kramat Jati, Jakarta Timur, DKI Jakarta

Cabang Bogor:

Pesantren Alam Fityatul Islam, Citamiyang, Megamendung, bogor, Jawa Barat

Cabang Kuningan:

Jalan Siaga Indah no. 9, Pramuka, Purwawinangun, Kuningan, Jawa Barat.

Telp : +6221 8088407

PIC : +62 813-2135-2236

Website : www.rumahhufazh.or.id

Email : rhufazh@gmail.com

FB : Rumah Hufazh

IG : @rumahhufazh

Print Friendly, PDF & Email
WhatsApp chat