Diantara prinsip Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah adalah mencintai para Sahabat Rasulullah a membela mereka, mendo’akan keridloan dan ampunan untuk mereka, memuji kebaikan mereka, dan berkeyakinan bahwa mereka adalah manusia pilihan setelah para Nabi dan Rasul yang mendapatkan keridhaan-Nya. (kitab al-Mu’taqidus Shahih, DR Abdus Salam Bin Barjas Al-Abdul karim t, hal :77)

Sebaik-baik manusia setelah Nabi dan para Rasul Allah k adalah para sahabat Rasulullah ﷺ.Mereka adalah manusia-manusia pilihan yang telah menyampaikan risalah islamiyah dari Rasulullah a kepada umatnya secara sempurna. Tidak berkhianat namun senantiasa kukuh beramanat. Mereka adalah manusia-manusia yang memperoleh keridhaan dari Allah Ta’ala dan tentunya keridhaan itu berlaku didunia dan akhirat, serta keridhaan itu tidak akan pernah dicabut lagi selama-lamanya. Allah Ta’ala berfirman :

Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar” (QS At-Taubah : 100).

Para sahabat telah berjuang bersama Rasulullah ﷺ untuk menegakkan islam dan mendakwahkannya ke pelbagai pelosok negeri, sehingga kita dapat merasakan nikmatnya iman dan islam. Perjuangan mereka untuk menegakan dan meninggikan kalimatullah dinul islam yang diridhai oleh Allah, telah banyak menelan korban jiwa dan harta, seperti yang dilakukan Abu Bakar, Umar, Utsman Ali, thohah, Zubair dan yang lainnya o . Mereka adalah manusia yang sepenuhnya tunduk kepada islam, benar-benar membela kepentingan umat islam, setia kepada Allah dan Rasul-Nya tanpa kompromi, mereka tunduk kepada hukum-hukum agama Allah, tujuan mereka adalah untuk mendapatkan keridhaan Allah dan surga-Nya. Tipe dan corak kehidupan islam terwujud dalam kehidupan mereka sehari-hari, artinya kalau kita ingin melihat seperti apa potret kehidupan islam yang sebenarnya maka lihatlah kehidupan sehari-harinya Rasulullah dan para sahabatnya o, sebuah kehidupan yang sesuai dan tercermin dalam al-Quran dan as-Sunnah, benar-benar dipraktekkan oleh mereka, dan hal yang seperti ini belum pernah kita jumpai dalam sejarah umat sejak dulu sampai hari ini. Hidup mereka dilandasi iman, cinta kepada Allah dan Rasulnya. Oleh sebab itu pula Allah memuji para sahabat Rasulullah lahir batinnya, dan Allah sebutkan karakter kebaikan mereka dalam kitab-kitab terdahulu (injil dan Taurat) sebagaimana Allah berfirman :

Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud . Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya. tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir. Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar”. (QS Al-Fath : 29).

 

(Abu Ghozi/Rumah Hufazh)

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.