Ketentraman adalah barang mahal yang tidak semua orang memilikinya. Banyak orang beranggapan ketentraman datang ketika dunia membuatnya nyaman, namun setelah ia mendapatkannya maka keresahan yang malah mendatanginya. Sebagian orang menganggap kekuasaan yang membuatnya tentram, karena dengan kekuasaan maka tidak ada ancaman apapun yang dpat mencelakakannya. Tapi, sekali lagi ketika kekuasaan itu datang maka bukannya ketentraman yang hadir, namun sebaliknya kegundahan tiada henti yang menghampiri.

Banyak lagi hal yang dianggap orang orang adalah sesuatu yang dapat menentramkan. Mereka mungkin lupa dengan satu hal, “Bila membutuhkan sesuatu maka mintalah kepada yang memilikinya”. Tapi muncul kembali pertanyaan, siapa yang memiliki ketentraman dan ketenangan?. Ketentraman bukanlah barang jualan atau harta benda, bagaimana ada yang bisa memberikan ketentraman?

Jawabannya, ada satu dzat yang memiliki ketentraman, yaitu dzat yang memiliki langit dan bumi, yang juga menguasai hati dan jiwa manusia, yang maha kuasa, ia adalah allah azza wajalla.

Lalu bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mencari tahu dalam firman dan sabda utusannya, muhammad.

Ada sebuah hadits shohih yang disabdakan rasulullah kepada ummatnya:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «…. وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ، وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللهِ، يَتْلُونَ كِتَابَ اللهِ، وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ، إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمِ السَّكِينَةُ، وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ، وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ، وَمَنْ بَطَّأَ بِهِ عَمَلُهُ، لَمْ يُسْرِعْ بِهِ نَسَبُهُ. (رواه مسلم)
“ Dan Barang siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan ke syurga baginya. Tidaklah sekelompok orang berkumpul di rumah Allah (masjid) untuk membaca Al Qur’an, melainkan mereka akan diliputi ketenangan, rahmat, dan dikelilingi para malaikat, serta Allah akan menyebut-nyebut mereka pada malaikat-malaikat yang berada di sisi-Nya. Barang siapa yang ketinggalan amalnya, maka nasabnya tidak juga meninggikannya.” ( HR. Muslim )

Apa itu sakinah ?
Sakinah adalah sesuatu yang Allah pancarkan dalam hati seseorang maka ia akan merasa tentram, yaqin, tenang dan tidak akan merasa gelisah, ragu dan bimbang. Dan ini termasuk nikmat Allah terbesar yang Allah berikan pada hambaNya sehingga ia bias merasa tenang, tidak gelisah, tidak ragu, bahkan ridho dengan ketetapan (taqdir) Allah subhaanahu wata’ala. firmanNya :
))هو الذي أنزل السكينة في قلوب المؤمنين ليزدادوا إيمانا مع إيمانهم((
“Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka” (QS. Al Fath: 4)
Dan ia adalah sebab bertambahnya iman seseorang.
– Rahmat Allah (kasih sayangnya) akan meliputinya, maka siapa manusia yang tidak butuh pada kasih sayang Allah?? Karena sesungguhnya seseorang akan mendapatkan surga bukan semata-mata karena amal sholehnya, melainkan karena kasih sayang (rahmat) dariNya.
– Para malaikat mendengarkan apa yang mereka baca, dan mereka menjadi saksi kelak dihadapan Allah.
– Allah menyebut-nyebut orang tersebut dihadapan penghuni langit, dan ini semakna dengan hadits qudsi yang berbunyi :
من ذكرني في ملأ ذكرته في ملأ خير منه
“dan bila dia mengingat-Ku dalam keadaan ramai, Akupun mengingatnya dalam keadaan ramai, bahkan lebih baik dari pada keadaannya”

(AbuBakar/Sendia/rumahhufazh)

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.