Keshalihan adalah derajat yang ingin dimiliki oleh semua orang. bagi para seorang hamba yang tahu hakikat kehidupannya di dunia pasti mengharap keshalihan menjadi perias untuk menghadap Allah Ta’ala.

Keshalihan hendaknya dimiliki oleh para orang tua, bukan hanya sebagai hamba Allah namun juga karena peran mereka yang besar bagi kelangsungan kehidupan manusia.

Kebaikan dan keshalihan orang tua akan berpengaruh besar terhadap pendidikan jiwa bagi anak. Mereka bisa bersama – sama membangun ketakwaan dan ketaatan kepada Allah. Oleh karena itu,orang tua hendaklah selalu menjaga keshalihannya dan banyak berdoa kepada Allah sehingga kelak Allah akan menjaga keturunannya dan menjadikan mereka keturunan yang menjadi penyejuk jiwa dan kesenangan pandangan mata di dunia dan di akhirat.

Allah Ta’ala mengisahkan tentang dinding milik dua anak yatim yang di bawahnya ada harta yang Allah jaga dan ayah mereka adalah seorang yang shalih.

وَأَمَّا ٱلۡجِدَارُ فَكَانَ لِغُلَـٰمَيۡنِ يَتِيمَيۡنِ فِى ٱلۡمَدِينَةِ وَكَانَ تَحۡتَهُ ۥ كَنزٌ۬ لَّهُمَا وَكَانَ أَبُوهُمَا صَـٰلِحً۬ا فَأَرَادَ رَبُّكَ أَن يَبۡلُغَآ أَشُدَّهُمَا وَيَسۡتَخۡرِجَا كَنزَهُمَا رَحۡمَةً۬ مِّن رَّبِّكَ‌ۚ وَمَا فَعَلۡتُهُ ۥ عَنۡ أَمۡرِى‌ۚ ذَٲلِكَ تَأۡوِيلُ مَا لَمۡ تَسۡطِع عَّلَيۡهِ صَبۡرً۬ا (٨٢)

“Dan adapun dinding rumah itu adalah milik dua anak yatim di kota itu,yang di bawahnya tersimpan harta bagi mereka berdua,dan ayahnya adalah seorang yang shalih.Maka Tuhanmu menghendaki agar keduanya sampai dewasa dan keduanya mengeluarkan simpanannya itu sebagai rahmat dari Tuhanmu.”(QS.Al Kahfi : 82).

Ayat tersebut menjelaskan banyak hal, salah satunya rahmat Allah kepada sang anak atas kesholehan bapaknya. hal inipun diutarakan oleh professor Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Wajiz. Berkata Prof.Wahbah Az Zuhaili rahimahullah :

 

و كان هذا التدبير رحمة من الله

لهما بسبب صلاح أبيهما

 

“Dan pemeliharan harta ini adalah sebagai rahmat dari Allah untuk mereka berdua dengan sebab keshalihan bapaknya.”(At Tafsir Al Wajiz Hal.303).

(Aboefathiya/sendia/rumahhufazh)

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.