Maka jelaslah bahwa Sunnah merupakan wahyu dari Allah yang wajib untuk ditaati dan diikuti oleh seluruh orang yang beriman dengan Kenabian Rasulullah Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam.

Apabila ini yang dimaksudkan dari pertanyaan sang penanya, maka sudah cukup jelas penjelasan ini dengan perkataan para Ulama mengenainya. Jika ini bukan yang dimaksud penanya, maka antara keduanya (yakni Al quran & sunnah) ada beberapa perbedaan yang banyak, di antaranya:

•    Al Qur’an adalah kitab Allah, yang diturunkan ke RasulNya sebagai wahyu, baik lafadz maupun maknanya. Ia adalah mukjizat, membacanya merupakan ibadah. Tidak boleh menyampaikan Al qur’an hanya dalam bentuk makna saja, dan juga orang yang berhadats tidak boleh menyentuhnya hingga ia suci.

•    Berbeda dengan As Sunnah (hadits), lafazhnya berasal dari Rasul. As Sunnah bukanlah mukjizat, boleh meriwayatkannya secara makna, orang yang berhadats boleh menyentuhnya (menyentuh kitab hadits – pen).

•    Al Qur’an dibaca ketika sholat sebagai bentuk ibadah, berbeda dengan Sunnah, tidak boleh membaca As Sunnah dalam sholat. Perbedaan lainnya, barangsiapa yang mengingkari satu huruf saja dalam Al Qur’an maka ia kafir, berbeda halnya dengan Sunnah. Ada juga perbedaan-perbedaan lainnya, yang dapat dilihat di kitab-kitab ilmu Al Qur’an dan Sunnah serta kitab-kitab Ushul Fiqih. Wallahu a’lam.

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.