SUNGGUH terlalu, jika kita tidak membaca Al-Quran sama sekali. Apalagi sampai tidak menyentuh mushafnya sekali pun. Padahal, Al-Quran merupakan firman Allah SWT. Di mana, di dalamnya terdapat petunjuk bagi jalan hidup kita. Dengan begitu, kita bisa mengetahui jalan menuju kebenaran dan keselamatan jika membacanya.

Oleh sebab itu, membaca Al-Quran sudah menjadi keharusan. Selain itu, kita juga akan memperoleh manfaat yang luar biasa. Apakah itu? Sedikitnya ada lima manfaat yang dapat kita rasakan jika membaca Al-Quran.

1. Mendapatkan pahala. Sebagaimana Rasulullah ﷺ bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Quran), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya,” (HR. At-Tirmidzi).

Rasulullah ﷺ juga bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf,” (HR. Tirmidzi).

Selain itu, Rasulullah ﷺ pun bersabda, “Perumpamaan orang yang membaca Al-Quran sedang ia hafal dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca Al-Quran sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala,” (Muttafaq ‘alaih).

2. Memberikan kehormatan bagi kedua orangtua. Sebagaimana Rasulullah ﷺ bersabda, “Siapa saja membaca Al-Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orangtuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orangtuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, ‘Bagaimana dipakaikan kepda kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘Karena anakmu telah membawa Al-Quran’,” (HR. Al-Hakim).

Rasulullah ﷺ juga bersabda, “Siapa yang membaca Al-Quran dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (Al-Quran),” (HR. Abu Daud).

3. Mendapatkan syafaat di hari kiamat. Sebagaimana Rasulullah ﷺ bersabda, “Bacalah Al-Quran karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para ahlinya,” (HR. Muslim)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Siapa yang mendengar satu ayat dari kitab Allah Ta’ala (Al-Quran) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahayanya di hari kiamat.”

4. Mendapatkan ketenangan. Sebagaimana Rasulullah ﷺ bersabda, “Tidak berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah SWT, sedang mereka membaca kitab-Nya dan mengkajinya, melainkan mereka akan dilimpahi ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi para malaikat, dan disanjungi oleh Allah di hadapan para makhluk dan di sisi-Nya,” (HR. Abu Dawud).

Allah Ta’ala berfirman, “… dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram,” (QS.Ar-Ra’d: 28).

5. Membuat tubuh lebih sehat. Sebagaimana Rasulullah ﷺ bersabda, “Hendaknya kamu menggunakan dua obat, madu dan Al-Quran,” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud). []

(rumahhufazh/islampos/jumatonline.blogspot.com)

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.