Saat ini banyak dari kalangan muda  mudi sudah hilang urat malu nya, meski geliat hijrah menjamur diseantero Nusantara namun tidak bisa kita pungkiri juga terlalu banyak muda mudi yang masih jauh dari agama yang hanif ini.

Negri yang dahulu dikenal akan keramah tamahanya serta para wanitanya yang pemalu, namun kini lambat laun mulai tergeser oleh arus globalisasi yang berdampak akan akulturasi budaya barat yang kini menjangkit para muda mudi di negri kita.

Maka benarlah sabda Nabi kita Muhamad shallallahu alaihi wasalam,

إِذَا لَمْ تَسْتَحْيِ ؛ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ

“jika kamu tidak merasa malu, maka berbuatlah semau mu “ (HR Bukhori)

Hadis diatas menjelaskan, jika rasa malau sudah hilang  maka dia akan berbuat semaunya serta rambu-rambu syariat pun ditrabas tanpa rasa bersalah sedikikpun, dan perlu diingat, hadis diatas bukan bermakna perinta melakukan perbuatan keburukan jika kita tidak malu melakukanya, namu malu adalah akhlak (perangai) yang mendorong seseorang untuk meninggalkan perbuatan-perbuatan yang buruk dan tercela, sehingga mampu menghalangi seseorang dari melakukan dosa dan maksiat serta mencegah sikap.

Dan malu itu seluruh nya baik, sebagaimana apa yang telah dikatakan rasulallah ,

Rasa malu adalah kebaikan seluruhnya atau rasa malu seluruhnya adalah kebaikan.” (HR. Muslim)

Maka jagalah rasa malu kita, agar dikala kita mau melakukan sebuah kemaksiatan, kita malu kepada allah, kita malu kepada dzat yang sudah terlalu banyak nikmat yang kita dapatkan didunia ini.

(umar rudini/rumahhufazh.or.id)

______________________________________________________________

Ayo bantu program berantas buta huruf Al-Quran bersama LPI-RH. Enam puluh lima persen penduduk Indonesia masih buta huruf Al-Quran.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan untuk membantu program kami.

LPI-RH melakukan penyaluran kepada lebih dari 20 penerima manfaat setiap bulannya, dengan penyaluran rata-rata 20 juta per bulan dan menghasilkan lebih dari 180 aktivitas pendidikan masyarakat per bulan.

Karena komitmen LPI-RH adalah mendorong SDM Pendidik dan Pendakwah membina masyarakat Islam. Kami peduli dan kami ajak Anda peduli.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan ke no.rekening,

BSM 70 9157 3525 a.n Yayasan Rumah Hufazh QQ Infaq

Konfirmasi ke 08961324556

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.