ويكفي أن نعلم أن شعور الطفل بأن أحد والديه يميل إلى أخيه ويكرمه ويدلله أكثر منه، إن مجرد هذا الشعور -لا سمح الله- سيجعل في هذا الطفل شراسة لا يقوى الأبوان على الصمود أمامها وحسدا لا يستطيع الوالدان كبح جماحه

“Cukuplah kita ketahui, perasaan seorang anak kecil bahwa salah satu orangtuanya lebih condong kepada saudaranya, atau lebih menghargainya dan lebih memanjakannya daripada dirinya, perasaan semacam ini -semoga tidak terjadi- dapat menjadikan dalam diri anak tersebut keganasan yang tidak dapat dihadapi oleh kedua orangtuanya. Juga dapat menyebabkan rasa iri yang tidak dapat ditanggulangi oleh kedua orangtuanya.”

Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

اعْدِلُوا بَيْنَ أَوْلاَدِكُمْ فِي العَطِيَّةِ

“Adillah kalian terhadap anak-anak kalian.” (HR. Bukhari)

Anas bin Malik bercerita:

Seorang lelaki duduk bersama Nabi Shalallahu alaihi wa sallam. Lalu datang anaknya yang masih kecil lalu ia mengambil, mencium dan mendudukkannya di pangkuannya. Kemudian datang anaknya yang lain. Ia pun mengambil dan mendudukkannya di sampingnya.

Lalu Nabi Shalallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh kamu tidak adil terhadap mereka berdua!” (HR. Baihaqi)

Perhatikan, kalau masalah ciuman dan tempat duduk saja Nabi Shalallahu alaihi wa sallam sampai mengatakan kata “tidak adil”, bagaimana dengan perlakuan yang lebih dari itu?

[Sumber Manhajut Tarbiyah An Nabawiyah lit Thifl, Muhammad Nur Suwaid, hal. 94-95.]

Para orang tua dan para guru hendaklah berbuat adil terhadap anak-anaknya, jangan sampai ketidak Adilan itu menjadi penyebab kedengkian dan permusuhan anak-anak.

Berbuat adillah..karena sesungguhnya Islam tidak mengenal “anak emas”.

Semoga bermanfaat.. baarokallah fiikum

#Adil pada anak-anak

rumahhufazh.or.id

______________________________________________________________

Ayo bantu program berantas buta huruf Al-Quran bersama LPI-RH. Enam puluh lima persen penduduk Indonesia masih buta huruf Al-Quran.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan untuk membantu program kami.

LPI-RH melakukan penyaluran kepada lebih dari 20 penerima manfaat setiap bulannya, dengan penyaluran rata-rata 20 juta per bulan dan menghasilkan lebih dari 180 aktivitas pendidikan masyarakat per bulan.

Karena komitmen LPI-RH adalah mendorong SDM Pendidik dan Pendakwah membina masyarakat Islam. Kami peduli dan kami ajak Anda peduli.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan ke no.rekening,

BSM 70 9157 3525 a.n Yayasan Rumah Hufazh QQ Infaq

Konfirmasi ke 08961324556.

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.