Alhamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah Shallallaahu ‘alaihi wasallam, keluarga dan para sahabatnya.

Al Quran adalah di antara nikmat Allah terbesar yang dianugerahkan kepada umat Nabi Muhammad Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam, sebagai pelajaran untuk manusia. Al Quran adalah petunjuk yang jelas:

هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

“Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS. Al-Baqarah: 185).

Al Quran juga sebagai pengingat bagi orang-orang yang beriman, nasihat bagi orang-orang yang bertakwa, dan hidayah bagi orang-orang yang mengamalkannya, serta kebaikan bagi para hamba di dunia maupun di akhirat.

Dan diantara keistimewaan Al Quran Adalah Allah menjadikannya mudah untuk dipelajari, Allah berfirman:

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qamar: 17).

Ayat Allah Ta’ala tersebut terulang sebanyak empat kali di dalam kitabNya, semuanya kita jumpai dalam surat Al Qamar, hal ini mengandung makna penegasan bahwa Allah memang benar benar menjadikan Al Quran itu mudah untuk dipelajari.

Kemudahan ini, kemudahan yang Allah jadikan di dalam Alquran, khusus Allah berikan kepada Alquran. Tidak ada satu pun kitab suci samawi yang Allah turunkan ke dunia yang memiliki sifat mudah seperti Alquran. Allah jaga kitab ini secara sempurna. Adapun kitab-kitab terdahulu sebelum Alquran dibaca melalui lembaran-lembaran. Sedangkan Alquran sangat mudah untuk dibaca, dipahami, dihafalkan, dan diamalkan.

Alquran juga mudah untuk dihafalkan. Ini adalah sebuah realita yang dirasakan banyak orang dan mereka lihat di kehidupan seharian. Anda bisa melihat di masyarakat, banyak orang-orang yang menghafalkan Alquran 30 juz, padahal masih anak kecil. Anda juga menyaksikan, ada orang yang hafal Alquran padahal usianya telah lanjut. Anda juga menyaksikan, para penghafal Alquran, padahal mereka tidak mengerti bahasa Arab. Mereka tidak paham artinya tapi mereka bisa menghafalnya. Ini semua adalah bentuk kemudahan Alquran untuk dihafalkan. Dan ini adalah kemudahan dari Allah. Oleh karena itu, ambillah bagian dari Alquran dengan bagian yang banyak. Semangatlah dalam menghafalkannya. Barangsiapa yang berkeinginan untuk menghafalkannya, maka Allah akan memudahkannya. Sebagaimana firman-Nya,

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qamar: 17).

Allah telah memudahkan kitab ini baik siang maupun malam, bagi mereka yang diberi taufik. Membacanya termasuk perkara mudah. Ia senantiasa terasa nikmat bagi kalbu dan selalu dirindu. Ketika kita membacanya satu hizb, maka ada rasa keinginan terus dan terus membacanya. Tidak ada orang yang mengatakan “saya bosan membaca Alquran”. Yang ada saya malas. Hal itu karena lemahnya keimanannya.

Adapun kemudahan secara maknawi. Allah menurunkan Alquran agar kita mentadabburi makna dan tujuannya. Allah berfirman,

أَفَلَمْ يَدَّبَّرُوا الْقَوْلَ

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan perkataan (Kami)…” (QS. Al-Mu’minuun: 68).

Firman-Nya juga

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Alquran? Kalau kiranya Alquran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.” (QS. An-Nisaa: 82).

Dan firman-Nya,

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran.” (QS. Shaad: 29).

Allah telah memudahkan Alquran untuk ditadabburi dan direnungi makna-maknanya. Dan seseorang yang mentadabburi Alquran, akan bertambah keimanannya. Bertambah pula keyakinannya. Sehingga ia menjadi pribadi yang lebih baik dan istiqomah dalam kebaikan tersebut. Merekalah orang-orang yang mendapatkan keberkahan dan hidayah di dunia dan akhirat.

Allah memudahkan seorang hamba mengamalkan Alquran. Seluruh perintah dan hukum-hukum yang terdapat di dalam Alquran bukanlah perintah yang memberatkan. Apalagi sampai membinasakan karena sulitnya. Allah berfirman,

وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ

“Dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan.” (QS. Al-Hajj: 78).

Dan juga firman-Nya,

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ

“Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 185).

Perintah-perintah tersebut adalah amalan yang mudah bagi orang-orang yang diperintah. Tidak ada kesulitan dan kesempitan di dalamnya. Perhatikanlah hal-hal yang Allah wajibkan di dalam agama ini. Semuanya mudah. Bahkan dalam firman-Nya yang lain, Allah menyatakan,

فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ

“Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu.” (QS. At-Taghaabun: 16).

Wajib bagi kita kaum muslimin untuk mengetahui hak Alquran. Mengetahui kedudukannya. Allah telah memudahkannya untuk dibaca, dihafal, dipahami, dan diamalkan. Sikap kita semestinya adalah menerima dan menyambut seruannya. Sebagian ulama mengatakan bahwa makna dari firman Allah,

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qamar: 17).

Maksudnya adalah tidakkah orang-orang yang mempelajarinya itu tergerak untuk mengamalkannya. Dan barangsiapa yang menginginkan ibadah, amal, hidayah, kesuksesan, dan kebahagiaan di dunia dan akhirat, maka semua petunjuknya ada di dalam Alquran.

Kemudahan yang Allah berikan dalam Alquran adalah sebagai bentuk taufik dari Allah untuk para hamba-Nya. Barangsiapa yang menyambut Alquran dengan baik yakni ia membacanya, merenungi maknanya, dan mengamalkannya, maka ia telah mendapatkan keberuntungan yang besar. Kemudahan di dalam Alquran akan diberikan bagi mereka yang menempuh jalan ini.

Adapun orang-orang yang lalai dari membaca, merenungi, dan mengamalkan Alquran, mereka tidak akan mendapatkan kemudahan ini. Bahkan orang-orang yang demikian termasuk apa yang Allah firmankan,

وَقَالَ الرَّسُولُ يَارَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَذَا الْقُرْآنَ مَهْجُورًا

“Berkatalah Rasul: “Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Alquran itu sesuatu yang tidak diacuhkan”. (QS. Al-Furqaan: 30).

Tidak mengacuhkan atau tidak memperdulikan Alquran bentuknya adalah dengan tidak membacanya, tidak mentadabburinya, dan tidak mengamalkannya.

Mintalah perlindungan kepada Allah dari keadaan demikian. Keadaan orang-orang yang tidak peduli terhadap Alquran. Minta tolonglah kepada Allah agar termasuk orang yang yang dimudahkan dalam membaca, mentadabburi, dan mengamalkannya. Barangsiapa yang meminta tolong kepada Allah, pasti Allah akan menolongnya.

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

“Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath-Thalaaq: 3).

Kita memohon kepada Allah agar Dia senantiasa memberi taufik kepada kita semua dalam kebaikan, hidayah, dan jalan yang lurus…Aamiin[]

 

rumahhufazh.or.id

______________________________________________________________

Ayo bantu program berantas buta huruf Al-Quran bersama LPI-RH. Enam puluh lima persen penduduk Indonesia masih buta huruf Al-Quran.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan untuk membantu program kami.

LPI-RH melakukan penyaluran kepada lebih dari 20 penerima manfaat setiap bulannya, dengan penyaluran rata-rata 20 juta per bulan dan menghasilkan lebih dari 180 aktivitas pendidikan masyarakat per bulan.

Karena komitmen LPI-RH adalah mendorong SDM Pendidik dan Pendakwah membina masyarakat Islam. Kami peduli dan kami ajak Anda peduli.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan ke no.rekening,

BSM 70 9157 3525 a.n Yayasan Rumah Hufazh QQ Infaq

Konfirmasi ke 08961324556.

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.