قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : حق المسلم على المسلم  ست. قيل : ما هن يا رسول الله؟ قال : إذا لقيته فسلم عليه، و إذا دعاك فاجبه، و إذ استنصحك فانصح له، و إذا عطس فحمد الله فسمته، وإذا مرض فعده، و إذا مات فاتبعه.

 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu ia berkata, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Hak seorang muslim terhadap sesama muslim itu ada enam: (1) Jika kamu bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, (2) Jika ia mengundangmu maka penuhilah undangannya, (3) Jika ia meminta nasihat kepadamu maka berilah ia nasihat, (4) Jika ia bersin dan mengucapkan ‘Alhamdulillah’ maka doakanlah ia dengan ‘Yarhamukallah’, (5) Jika ia sakit maka jenguklah, dan (6) Jika ia meninggal dunia maka iringilah jenazahnya.”.

 (Shahih riwayat Al-Imam Muslim)

Pembaca yang dirahmati Allah Ta’ala, disebutkan dalam hadits tersebut bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Hak muslim terhadap muslim yang lain..”.

Ungkapan tersebut bersifat umum, mencakup setiap individu muslim, baik muslim yang baik keislamannya, maupun muslim yang kurang baik dalam berislam. Baik muslim yang senantiasa menjauhi dosa-dosa maupun muslim yang banyak terjatuh  pada kubangan dosa, sekalipun dosa besar, selam dosa besar tersebut bukan kekufuran yang mengeluarkannya dari Islam. Asal ia masih seorang muslim, maka ia berhak mendapatkan haknya sebagai seorang muslim. Inilah hukum asalnya.

Akan tetapi hak yang merupakan hukum asal tersebut dapat gugur jika ada penghalang. Misalnya seorang muslim mengundang muslim lainnya untuk acara walimah pernikahannya, namun karena dalam acara tersebut banyak ditemui hal-hal yang berbau maksiat, maka muslim yang diundang tidak wajib untuk memenuhi udangan tersebut. Hukum asal memenuhi undangan yang semula wajib, menjadi gugur dikarenakan adanya kemaksiatan dalam acara yang dilaksanakan.

Sabda Nabi shalallahu’alaihi wasallam “Hak seorang muslim atas muslim lainnya ada enam”, bilangan enam yang disebutkan disini bukan merupakan suatu pembatasan. Artinya, bilangan enam tersebut bukanlah untuk menafikan hak-hak yang lain diluar hak yang enam yang disebutkan.

Penyebutan bilangan enam dalam hadits sekedar menunjukkan perhatian Nabi shalallahu ‘alihi wasallam terhadap enam perkara tersebut. Adapun yang dimaksud hak-hak disini adalah perkara yang tidak sepatutnya ditinggalkan, bisa jadi hak yang dimaksud adalah perkara yang wajib dan bisa jadi pula perkara yang sangat disunnahkan.

Diantara perkara yang menjadi hak muslim atas muslim lainnya ialah perkara menyebarkan salam diantara mereka, sebagaimana sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam:

  1. Jika engkau bertemu seorang muslim maka berilah salam kepadanya

Memberi salam merupakan salah satu amalan yang sangat mulia. Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Kalian tidak akan masuk surga kecuali kalian beriman, dan kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kepada kalian tentang suatu perkara jika kalian melakukannya maka kalian akan saling mencintai? Yaitu sebarkanlah salam diantara kalian”. (Riwayat Al-Imam Muslim no.54)

Oleh karenanya, diantara amal yang paling mulia menurut Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam yaitu memberi makan kepada fakir miskin, kemudian memberi salam kepada orang yang kita kenal dan orang yang tidak kita kenal. Disebutkan dalam sebuah hadits bahwa diantara tanda-tanda hari kiamat adalah apabila seseorang hanya memberi salam hanya kepada orang yang dikenalnya saja.

Salam merupakan amalan yang indah karena di dalamnya terdapat doakeselamatan kepada sesama muslim. Dengan membiasakan menyebarkan salam, maka akan timbul diantara kaum muslimin. Dengan demikian ukhuwah islamiyah semakin kuat.

Setiap muslim berhak untuk mendapatkan ucapan salam meskipun muslim tersebut merupakan ahli maksiat,sebagaimana telah disinggung di awal pembahasan. Bisa jadi salam yang kita ucapkan dengan tulus ikhlas kepada muslim yang bermaksiat, dapat membuka hatinya untuk segera berbuat kebaikan dan meninggalkan maksiat yang ia lakukan.

Bayangkan jika seorang yang sholeh di zaman kita ini melewatkan seorang muslim yang ahli maksiat, kemudian ia bermuka masam dan berpaling serta enggan mengucapkan salam. Bisa jadi si pelaku maksiat tersebut semakin jengkel dengan orang-orang sholeh dan semakin membuatnya tidak tertarik untuk bersegera meninggalkan kemaksiatan dan melaksanakan kebaikan.

Perhatikan kisah yang menakjubkan yang disebutkan dalam hadits yang bersumber dari Abdullah bin Sallam radhiyallahu ‘anhu berikut.

Beliau adalah salah seorang Yahudi yang masuk Islam kemudian menjadi sahabat. Beliau berkata,

“Tatkala Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam tiba dikota Madinah, akupun datang melihatnya. Tatkala aku memperhatikan wajah beliau, maka aku tahu bahwa wajah beliau bukanlah wajah seorang pendusta. Maka pertamakali yang beliau ucapkan, ‘Wahai manusia, tebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah silaturahim, dan shalat malamlah tatkala orang-orang sedang tidur, niscayakalian masuk surga dengan penuh keselamatan’ (Riwayat At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad, dan Al-Hakim, dishahihkan oleh Al-Albani no. 569)

Maka dapat disimpulkan, menyebar salam bukanlah perkara yang sepele, bahkan merupakan perkara yang sangat diperhatikan oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam sejak awal dakwah beliau di kota Madinah.[] Bersambung…

Wallaahu Ta’ala A’lam.

 

rumahhufazh.or.id

______________________________________________________________

Ayo bantu program berantas buta huruf Al-Quran bersama LPI-RH. Enam puluh lima persen penduduk Indonesia masih buta huruf Al-Quran.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan untuk membantu program kami.

LPI-RH melakukan penyaluran kepada lebih dari 20 penerima manfaat setiap bulannya, dengan penyaluran rata-rata 20 juta per bulan dan menghasilkan lebih dari 180 aktivitas pendidikan masyarakat per bulan.

Karena komitmen LPI-RH adalah mendorong SDM Pendidik dan Pendakwah membina masyarakat Islam. Kami peduli dan kami ajak Anda peduli.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan ke no.rekening,

BSM 70 9157 3525 a.n Yayasan Rumah Hufazh QQ Infaq

Konfirmasi ke 08961324556.

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.