rumahhufazh.or.id – (Kuala Lumpur) Larangan merokok di semua rumah makan di Malaysia, mulai berlaku pada tengah malam pada Selasa 1 Januari 2019.

“Larangan ini sejalan dengan Kontrol Regulasi Produk Tembakau (Amandemen) 2018, untuk melindungi masyarakat dari paparan asap rokok,” kata Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Noor Hisham Abdullah.

Masyarakat diimbau untuk tidak merokok di semua rumah makan, baik yang ber-AC atau tidak. Baik di dalam dan di luar rumah makan, restoran atau food court.

“Larangan itu juga mencakup kios makanan dan kendaraan yang menyediakan meja dan kursi untuk orang makan, serta restoran di kapal dan kereta api,” katanya dalam sebuah pernyataan, sehari sebelum pergantian tahun.

Noor Hisham juga mengingatkan pemilik dan operator tempat makanan untuk menampilkan rambu-rambu bebas rokok, dan meniadakan asbak.

Siapa pun yang dinyatakan bersalah karena merokok di daerah terlarang dapat didenda hingga RM10.000 (Rp 34,8 juta) atau dipenjara hingga dua tahun.

Pemilik perusahaan makanan yang tidak menampilkan tanda larangan merokok dapat didenda hingga RM3.000 atau dipenjara hingga enam bulan. Mereka yang menyediakan fasilitas merokok dapat didenda hingga RM5.000 atau dipenjara hingga satu tahun.

Sumber: Channel News Asia

rumahhufazh.or.id

______________________________________________________________

Ayo bantu program berantas buta huruf Al-Quran bersama LPI-RH. Enam puluh lima persen penduduk Indonesia masih buta huruf Al-Quran.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan untuk membantu program kami.

LPI-RH melakukan penyaluran kepada lebih dari 20 penerima manfaat setiap bulannya, dengan penyaluran rata-rata 20 juta per bulan dan menghasilkan lebih dari 180 aktivitas pendidikan masyarakat per bulan.

Karena komitmen LPI-RH adalah mendorong SDM Pendidik dan Pendakwah membina masyarakat Islam. Kami peduli dan kami ajak Anda peduli.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan ke no.rekening,

BSM 70 9157 3525 a.n Yayasan Rumah Hufazh QQ Infaq

Konfirmasi ke 08961324556.

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.