Setiap orang tua pasti menginginkan memiliki anak yang sholeh dan baik serta bisa menjadi kebanggan orang tua.

Namun seiring berjalanya waktu, apa yang dicita-citakan oleh orang tua tidak tercapai, karena ketidak tahuan orang tua akan cara mendidik anak yang baik dan tepat agar menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah.

berikut penulis akan bawakan beberapa kesalahan dalam mendidik anak yang sering di lakukan kebanyakan orang tua.

1.Mendidik anak-anak menjadi pengecut, penakut dan suka mengeluh.

salah satu metode anak yang harus diperbaiki adalah dengan cara menakut-nakuti anak ketika menangis agar mereka diam, baik menakut-nakuti dengan hantu, ifrit, perampok, orang gila atau bahkan seorang dokter dan pak ustadz pun dipergunakan sebagai sarana menakut-nakuti anak agar terdiam dan berhenti dari tangisnya.

hal demikian akan menumbuhkan sifat penakut pada diri anak dan sifat itu akan tertanam dalam jiwa nya sampai ia tumbuh dewasa kelak.

2. Memanjakan anak dan memenuhi segala keinginanya.

Kebanyakan dari kita, akan selalu memnuhi apa yang diinginkan oleh seorang anak, apapun itu tanpa menolak sedikitpun , hal ini akan menimbulkan sifat akan tidak mempedulikan nilai sebuah harta kekayaan dan tidak pula mempergunakanya dengan baik.

3. Terlalu keras dalam mendidik anak melampaui batas kewajaran.

terlalu keras dalam mendidik pada anak seperti menampar dengan keras terhadap anak ketika melakukan sebuah kesalahan, atau sering membentak mereka kala ia melalukan sebuah kesalahan meski itu sebuah kesalahan yang sepele, perbuatan kasar dalam mendidik anak akan menimbulkan sebuah sifat keras pula pada anak, dan sang anak akan cenderung menirukan kekerasan yang ia dapatkan pada masa kecilnya.

4. Terlalau Pelit pada anak.

Sebagian orang tua terlalu pelit dalam mendidik anak-anaknya, seperti halnya sangat membatasi memberikan uang jajan pada anak, sehingga anak akan condong mencari sumber harta untuk memenuhi kebutuhan jajanya dari segala cara, misal mencuri, sering meminta kepada setiap teman.

5. Tidak memeberikan kasih sayang pada anak.

Tidak jarang orang tua lupa akan memeberikan kasih sayang dan sikap lembut kepada anaknya, bisa jadi karena seharian sibuk bekerja sehingga lupa menyempatkan berikan kasih sayang pada anak-anak ya, hal ini akan memberikian sifat pada anak mencari kasih sayang diluar rumah, dan lebih bahaya lagi jika hal ini terjadi pada anak perempuan jika ia mencari saosok lelaki yang bisa menggantika kasih sayang dari ayahnya, yang mengantarkan pada pacaran dan suatu perbuatan yang tidak diridhoi agama.

Demikianlah lima poin akan kesalahan dalam mendidik anak yang bisa mengakibatkan buruk pada pertumbuhan sifat anak dimasa yang akan datang.

semoga bermanfaat

sumber : tulisan disadur dari buku kesalahan dalam mendidik anak karya muhamad bin ibrahim al-hamd

umar rudini/rumahhufazh.or.id

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.