Pandagan adalah hal yang penting dalam kehidupan sehari –hari kita, namun apa jadinya jika nikmat yang agung ini kita sia-siakan dan pergunakan untuk maksiat kepada Allah azza wa jalla.

Allah perintah kan kepada laki-laki yang beriman agar senantiasa menjaga pandanganya, meski khitobnya kepada laki-laki namun masuk didalamnya juga perempuan.

 “ katakanlah kepada laki-laki yang beriman , agar mereka menjaga  pandanganya, dan memelihara kemaluanya, yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sungguh Allah maha mengetahui apa yang mereka perbuat” (Qs An-Nuur 30).

Apa saja faidah yang bisa kita ambil dari menjaga pandangan terhadap apa yang allah haramkan?

1.membebaskan hati dari sakitnya penyesalan, karena orang yang senantiasa mengumbar pandanganya ia pada hakikatnya akan mengalami penyesalan, dan angan ia akan terbang bersama pandangan yang telah ia lihat terlebih pandangan akan apa yang allah haramkan.

Jika ia tidak bisa menjaga hawa nafsunya maka ia akan menggapai apa yang ia hasratkan dari apa yang telah ia pandang .

2, menjaga pandangan akan mewariskan kemilau dan cahaya pada hati seseorang, kemilau cahaya hati tersebut akan nampak pada mata, wajah dan anggota badanya, sebagaimana mengumbar pandangan akan mewariskan kegelapan yang akan nampak pada wajah dan anggota badan seseorang.

3.menjaga pandangan akan menjaga firasat baik bagi seseorang, karena firasat tersebut berasal dari cahaya dan buah dari cahaya, apabila hati seorang hamba bercahaya maka akan baiklah firasatnya, karena pada saat itu hatinya bagaikan cermin yang bersih yang akan bisa menampakan segala sesuatu pada hakikatnya .

4. akan membuka jalan dan pintu-pintu bagi sesorang, ia pun akan mempermudah sebab bagi seseorang untuk mendapatkan ilmu dikarenakan cahaya hatinya.

5. menjaga pandangan akan membuahkan keistiqomahan, keberanian hati seorang hamba sehingga ia memiliki kekuatan bashiroh dan kekuatan hujjah.

Masih banyak faidah –faidah yang bisa kita ambil dari menjaga pandangan mata kita dari apa yang telah allah haramkan, semoga allah berikan kemudahan bagi kita semua untuk senantiasa menjaga pandangan kita dari apa apa yang telah allah haramkan.

Umarrudini/rumahhufazh.or.id

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.