rumahhufazh.or.id (Jakarta) – Amerika Serikat mengkonfirmasi pada Selasa (23/01) pertemuan utusan khususnya untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad, dengan perwakilan Taliban di Qatar. Ini merupakan negoisasi langsung keempat antara Taliban dan AS yang sebelumnya sempat gagal.

“Kami dapat mengkonfirmasi bahwa Perwakilan Khusus Khalilzad dan tim intelijen berada di Doha hari ini untuk mengadakan pembicaraan dengan perwakilan Taliban,” kata pernyataan Departemen Luar Negeri AS seraya menunjukkan pembicaraan akan berlangsung selama dua hari.

Khalilzad beberapa kali bertemu dengan pejabat Taliban, tetapi ini adalah pertama kalinya Amerika Serikat mengkonfirmasi pertemuannya secara langsung.

Pertemuan itu terjadi di saat Taliban meluncurkan serangan mematikan di provinsi Wardak pada hari Selasa lalu. Dilaporkan sebanyak 126 lebih pasukan keamanan tewas, menurut sumber di pemerintahan. Sementara Kabul sengaja menutupi jumlah korban dengan dalih “supaya moral pasukannya tidak runtuh”.

Juru bicara Taliban pada Senin lalu mengatakan bahwa delegasikan akan bertemu dengan Khalilzad. Amerika Serikat telah menyetujui program politik “mengakhiri pendudukan Afghanistan dan mencegah penjajahan Afghanistan terhadap negara-negara lain di masa depan.”

Presiden Donald Trump memerintahkan pengurangan pasukan AS di Afghanistan sekitar setengahnya, sementara ia menyatakan antusiasme untuk mengakhiri perang AS terpanjang yang dimulai pada 2001 setelah serangan 11 September.

Khalilzad, kelahiran Afghanistan dan pernah bertugas menjadi kepala pembuat kebijakan di bawah Presiden George W. Bush, bertemu dengan Taliban setelah pembicaraan di Afghanistan dan kunjungan ke Cina, India dan Pakistan.

Sumber: AFP

Oct/rumahhufazh.or.id

______________________________________________________________

Ayo bantu program berantas buta huruf Al-Quran bersama LPI-RH. Enam puluh lima persen penduduk Indonesia masih buta huruf Al-Quran.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan untuk membantu program kami.

LPI-RH melakukan penyaluran kepada lebih dari 20 penerima manfaat setiap bulannya, dengan penyaluran rata-rata 20 juta per bulan dan menghasilkan lebih dari 180 aktivitas pendidikan masyarakat per bulan.

Karena komitmen LPI-RH adalah mendorong SDM Pendidik dan Pendakwah membina masyarakat Islam. Kami peduli dan kami ajak Anda peduli.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan ke no.rekening,

BSM 70 9157 3525 a.n Yayasan Rumah Hufazh QQ Infaq

Konfirmasi ke 08961324556.

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.