musik dan anak muda dua hal yang sedari dulu sangat erat hubunganya, walaupun kaum tua dan anak anak juga suka musik, namun kegandrungan musik semakin menggila pada usia muda.

sejauh mana pun konser pasti akan dikejar, berdesakan dengan lautan manusia pun di lakoni, bahkan tak jarang banyak anak muda menikmati musik dengan meminum khomr dan narkoba.

padahal Allah Ta’ala telah mengharamkanya.

Allah Ta’ala berfirman:

وَمِنَ النَّاسِ مَن يَشْتَرِي لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَن سَبِيلِ اللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ

“Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna sehingga dia menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan.”(QS. Luqman: 6)

Abdullah bin Mas’ud berkata menafsirkan ‘perkataan yang tidak berguna’, “Dia -demi Allah- adalah nyanyian.” Dalam riwayat lain beliau berkata, “Itu adalah nyanyian, demin yang tidak ada sembahan yang berhak selain-Nya,” beliau mengulanginya sebanyak 3 kali.

Ayat diatas jelas menunjukan bahwa akan keharaman musik, dan musik pun meski ada manfaat didalamnya, namun banyak mudhorotnya yang bisa ditimbulkan dari musik , apa saja kah itu?

  1. memalingkan diri kepada perbuatan sia – sia

sebagai ciri orang muslim yang baik adalah meninggalkan sesuatu yang tudak bermanfaat, iya mendengarkan musik bisa memalingkan kita dari berzikir, membaca Quran dan hal hal lain yang masih memiliki manfaat lebih banyak.

2. mengajak kepada perbuatan keji dan dzalim

Meski banyak musik yang berlirik islami, namun lebih banyak lagui musik yang berlirik ajakan berbuat zalim,aniaya dan kemaksiatan yang lainya, maka kecenderungan orang akan ajakan itu bisa lebih besar lagi jika kata kata tersebut sering diputar berulang ulang.

3. Berlebihan dalam mengidolakan idola

mengidolakan seseorang hendaknya biasa saja, tidak harus heboh atau bahkan ke sesuatu yang bisa melanggar syariat, terlebih lagi para akhowat yang mengidolakan penyayi laki-laki, ia akan teriak histeris dan langsung meminta dipeluk sang idola kala bertemu, padahal hal demikian dilarang jangankan berpelukan sekedar bersalaman dengan bukan mahrom saja tidak boleh.

4. menghamburkan harta

tentu hadir disebuah konser musik bukanlah suatu hal yang murah, bahkan sebagian artis atau penyayi membandrol tiket masuknya dengan harga yang sangat fantastis, maka hal demikian termasuk menghamburkan harta.

demikian 4 poin dampak negatif jika seseorang senantiasa menggandrungi musik dan selalu mendengarkanya.

umar rudini/rumahhufazh.or.id

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.