Wahai wanita, berpakaian tapi telanjang adalah sifat penduduk neraka. Jangan jadikan dirimu bagian dari mereka!

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, beliau mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا : قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ ، وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ ، مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ ، رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ ، لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا ، وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا

“Ada dua golongan penduduk neraka yang keduanya belum pernah aku lihat. (1) Kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi, yang dipergunakannya untuk memukul orang. (2) Wanita-wanita berpakaian, tetapi sama juga dengan bertelanjang, berjalan dengan berlenggok-lenggok, mudah dirayu atau suka merayu, rambut mereka (disasak) bagaikan punuk unta. Wanita-wanita tersebut tidak dapat masuk surga, bahkan tidak dapat mencium bau surga. Padahal bau surga itu dapat tercium dari begini dan begini.” [HR. Muslim]

Beberapa faidah dari hadits di atas:

Tabarruj (bersolek ala jahiliyah) diharamkan dengan berbagai bentuknya.

  • Pakaian adalah perkara penting yang harus diperhatikan oleh wanita, karena hal ini adalah salah satu faktor yang bisa menjerumuskan mereka dalam neraka.
  • Disyari’atkannya pakaian bagi wanita adalah untuk menutupi aurat mereka dari pandangan manusia.
  • Pakaian wanita yang menampakkan lekak-lekuk tubuh, tipis/transparan, dan minim sehingga tidak menutup aurat dengan sempurna manjadikan mereka termasuk ke dalam golongan kaasiyaat ‘aariyaat (wanita yang berpakaian tapi telanjang).
  • Berlenggak-lenggok ketika berjalan diharamkan bagi wanita karena laki-laki dapat terfitnah.
  • Salah satu kriteria menata rambut yang termasuk “rambut punuk unta” adalah rambut diangkat atau diletakkan di bagian atas kepala.
  • Sanksi bagi golongan wanita yang memiliki kriteria seperti di atas adalah diharamkan masuk surga dan dimasukkan ke dalam neraka.
  • Surga memiliki bau khusus yang dapat tercium dari jarak yang jauh, namun kelak wanita yang berpakaian tapi telanjang di dunia, tidak akan mampu menciumnya.
  • Berpakaian tapi telanjang; bersolek ala jahiliyah dengan menyingkap sebagian aurat; godaan dan perhiasan yang dilakukan dan ditampakkan wanita adalah bagian dari dosa besar yang banyak dilakukan saat ini.
  • Salah satu kriteria pakaian wanita yang sesuai syari’at adalah bersifat menutup, tidak menampakkan lekak-lekuk tubuh, tipis, dan transparan.
  • Alim ulama menyebutkan kriteria-kriteria pakaian wanita (termasuk jilbab dan khimar) yang sesuai dengan syari’at adalah sebagai berikut:
  • Berkain tebal sehingga tidak menampakkan kulit atau melekat pada kulit.
  • Menutup seluruh tubuh dan lebar sehingga tidak menampakkan lekak-lekuk tubuh.
  • Tidak ada hiasan seperti pola, tulisan, gambar, bros, dan yang semisalnya,  pada pakaian tersebut sehingga bisa menarik perhatian.
  • Tidak menyerupai busana wanita kafir atau pria.
  • Khusus untuk jilbab, maka digunakan secara wajar yaitu diratakan pada kepala dan tidak mengikuti model-model jilbab yang menjadi trend.

Wallahu A’lam.

Oct/rumahhufazh.or.id

______________________________________________________________

Ayo bantu program berantas buta huruf Al-Quran bersama LPI-RH. Enam puluh lima persen penduduk Indonesia masih buta huruf Al-Quran.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan untuk membantu program kami.

LPI-RH melakukan penyaluran kepada lebih dari 20 penerima manfaat setiap bulannya, dengan penyaluran rata-rata 20 juta per bulan dan menghasilkan lebih dari 180 aktivitas pendidikan masyarakat per bulan.

Karena komitmen LPI-RH adalah mendorong SDM Pendidik dan Pendakwah membina masyarakat Islam. Kami peduli dan kami ajak Anda peduli.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan ke no.rekening,

BSM 70 9157 3525 a.n Yayasan Rumah Hufazh QQ Infaq

Konfirmasi ke 08961324556.

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.