Alhamdulillah segala puji milik Allah Ta’ala. Shalawat dan salam teruntuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam, keluarga dan para sahabatnya..Amma Ba’du.

Seorang muslim senantiasa berada dalam kebaikan, terlebih lagi jika Allah menganugerahkan kepadanya perjumpaan dengan bulan Ramadhan, dan memberinya taufiq untuk memanfaatkan serta menyempurnakan waktu tersebut dengan beribadah kepadaNya.

Sebaliknya orang-orang yang terhalangi dari keutamaan tersebut, kehidupan mereka tak ubahnya sebuah keburukan, berlalu dihadapan mereka hari dan bulan-bulan yang baik yang Allah utamakan untuk beribadah kepadaNya namun mereka tetap berada dalam kelalaian dan berpaling dari kebenaran.

Maka dalam hal ini manusia terbagi menjadi dua golongan; mereka yang memanfaatkan setiap detik waktunya untuk kebaikan, maka waktupun akan kembali kepadanya dengan membawa kebaikan. Sementara mereka yang menghabiskan setiap waktunya dalam dosa, maka waktupun akan kembali kepadanya dengan membawa berbagai macam kejelekan.

وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا (7) فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا (8) قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاهَا (9) وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسَّاهَا (10)

“Demi jiwa dan penyempurnaan (ciptaannya), maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya, sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.” (QS. al-Syams: 7-10).

Pada bulan Ramadhan ini, Allah bukakan bagi hambaNya pintu-pintu syurga, dan Allah permudah bagi mereka menggapai kebaikan-kebaikan, sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘Alai wasallam kabarkan,

ذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِرَمَضَانَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ. وَفُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ، وَيُنَادِي مُنَادٍ: يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ، وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ، وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ، وَ ذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Apabila datang awal malam dari bulan Ramadhan, setan-setan dan jin-jin yang sangat jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup tidak ada satu pintupun yang terbuka, sedangkan pintu-pintu surga dibuka tidak ada satu pintupun yang ditutup. Dan seorang penyeru menyerukan: ‘Wahai orang yang menginginkan kebaikan kemarilah. Wahai orang-orang yang menginginkan kejelekan tahanlah.’ Dan Allah memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka, yang demikian itu terjadi pada setiap malam.” (HR. At-Tirmidzi)

Sementara bagi mereka yang membangkang, pintu-pintu neraka senantiasa terbuka untuk mereka, yang demikian itu dikarenakan kebodohan mereka terhadap keutamaan bulan Ramadhan, bahkan pun dengan bulan-bulan lainnya. Perhatian mereka hanya berkutat pada isi perut serta syahwat mereka, maka orang-orang seperti ini seluruh hari-harinya tidak lain adalah kerugian. Meskipun mereka dikaruniai akal untuk berfikir, pendengaran, penglihatan dan ditunjukkan pula kepada mereka sebaik-baik jalan, namun mereka enggan dan menjauh.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengabadikan penyesalan mereka dalam firmanNya,

وَقَالُوا لَوْ كُنَّا نَسْمَعُ أَوْ نَعْقِلُ مَا كُنَّا فِي أَصْحَابِ السَّعِيرِ

Dan mereka berkata: “Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala”. (QS. Al Mulk: 10)

Maka bagi seorang yang beriman, bulan Ramadhan adalah sebaik-baik kesempatan dalam hidup mereka, selayaknyalah memanfaatkan waktu tersebut dengan kebaikan sebanyak-banyaknya, mintalah pertolongan kepada Allah agar menetapkan diri kita diatas amal kebaikan yang diterimaNya, serta mintalah kepada Allah limpahan pahala dari keutamaan yang Allah simpan dalam bulan tersebut.

Karena barangsiapa yang Allah pertemukan ia dengan bulan Ramadhan, kemudian memanfatkannya dengan sebaik-baiknya, beramal shaleh didalamnya, maka sungguh Allah telah karuniakan kepadanya nikmat yang begitu besar, kenikmatan yang tak sebanding meski dengan dunia dan seisinya.

Semoga Allah memberi kita taufiq dan hidayahNya, agar kita mampu memnfaatkan datangnya bulan Ramadhan yang penuh berkah ini dengan sebaik-baik amal perbuatan, bersegera menunaikannya, dan bertaubat dari setiap dosa-dosa..Aamiin[]

Oct/rumahhufazh.or.id

______________________________________________________________

Ayo bantu program berantas buta huruf Al-Quran bersama LPI-RH. Enam puluh lima persen penduduk Indonesia masih buta huruf Al-Quran.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan untuk membantu program kami.

LPI-RH melakukan penyaluran kepada lebih dari 20 penerima manfaat setiap bulannya, dengan penyaluran rata-rata 20 juta per bulan dan menghasilkan lebih dari 180 aktivitas pendidikan masyarakat per bulan.

Karena komitmen LPI-RH adalah mendorong SDM Pendidik dan Pendakwah membina masyarakat Islam. Kami peduli dan kami ajak Anda peduli.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan ke no.rekening,

BSM 70 9157 3525 a.n Yayasan Rumah Hufazh QQ Infaq

Konfirmasi ke 08961324556.

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.