Alhamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulillah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga dan sahabatnya.

Tadabbur merupakan salah satu tujuan utama kenapa al-Quran diturunkan. Sebagaimana ditegaskan Allah dalam firman-Nya,

كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ اِلَيْكَ مُبٰرَكٌ لِّيَدَّبَّرُوْٓا اٰيٰتِهٖ وَلِيَتَذَكَّرَ اُولُوا الْاَلْبَابِ

“Kitab (al-Quran) yang Kami turunkan kepadamu penuh berkah agar mereka menghayati ayat-ayatnya, dan agar orang yang berakal sehat mendapat pelajaran.” (QS. Ash Shad: 29)

Jika menghayati ayat di atas kita akan mendapati bahwa:

Pertama, al-Quran adalah kitab yang penuh berkah. Maka siapa pun yang menginginkan keberkahan, hendaknya ia banyak berinteraksi dengan al-Quran. Agar waktunya, ilmunya, hartanya, keluarganya, dan hidupnya senantiasa diliputi keberkahan.

Kedua, tujuan Kitab yang penuh berkah ini diturunkan ialah agar ayat-ayatnya dihayati, dan orang yang berakal sehat mendapat pelajaran. Dua tujuan ini layak untuk kita renungi.

Maka, tadabbur al-Quran sangat dihajatkan oleh setiap muslim. Karena tidak melakukan tadabbur al-Quran terhadap ayat-ayat yang dibaca, sebagaimana penjelasan Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, merupakan salah satu bentuk meng-hajr (menjauhi) al-Quran.

Lantas, buku apa yang perlu kita baca untuk memudahkan kita dalam tadabbur al-Quran?

Berikut ini buku-buku referensi yang layak dibaca (dan dimiliki) oleh orang yang ingin banyak mengambil faedah dari ayat-ayat al-Quran dan belajar tadabbur al-Quran

  1. Al-Jami’ li Ahkamil Quran karya Imam Al-Qurthubi

Buku ini adalah salah satu referensi utama yang sering disebut-sebut oleh Syaikh saya, Al-Ustadz Abdullah Manaf Amin dalam kajian tafsirnya. Hal ini tidaklah mengherankan karena Imam Al-Qurthubi banyak menyebutkan banyak faedah dari ayat yang ditafsirkannya; hal mana ini jarang didapati pada buku tafsir lainnya.

2. Taisirul Karimir Rahman karya Syaikh As-Sa’di

Kitab tafsir kontemporer ini tergolong buku tafsir yang ringkas, namun sangat berkualitas dan bernash. Syaikh Ibnu Utsaimin bahkan sangat merekomendasikan buku tafsir ini untuk dikaji, termasuk untuk tadabbur al-Quran. Karena selain bahasanya mudah, ada banyak faedah yang disebutkan dalam buku dan itu tidak didapatkan pada buku-buku tafsir lainnya.

Bahkan untuk memudahkan pembaca, ada penulis lain yang meringkas hasil tadabbur al-Quran Syaikh As-Sa’di ini dengan judul, “Tadabburat As-Sa’di”. Kesemuanya diambil dari buku, “Taisirul Karimir Rahman”.

3. Ahkamul Quran karya Imam Ibnul Arabi

Sebagaimana judulnya, buku ini berisi hukum-hukum yang diambil dari ayat-ayat al-Quran.

4. Al-Iklil fi Istinbathit Tanzil Karya Imam As-Suyuthi

Ini merupakan salah satu karya yang menakjubkan. Karena ia berisi beragam faedah—dalam berbagai bidang ilmu—yang disimpulkan dari ayat-ayat Al-Quran. Kelebihan buku ini ialah penjelasannya yang ringkas nan padat.

5. At-Tafsir wal Bayan karya Syaikh Ath-Tharifi

Asy Syaikh Ath-Tharifi adalah ulama yang produktif. Salah satu karyanya tentang al-Quran ialah At-Tafsir wal Bayan, yang berisi pelajaran penting yang diambil dari al-Quran. Sangat berbobot dan bernash.

Demikian, tentu masih banyak lagi karya-karya para ulama kita yang tidak mungkin kita sebutkan satu persatu disini.

Semoga Allah senantiasa mencurahkan taufiq dan hidayahNya kepada kita agar kita mampu untuk senantiasa mentadabburi Al-Quran serta mengambil pelajaran darinya…Aamiin[]

.

Oct/rumahhufazh.or.id

______________________________________________________________

Ayo bantu program berantas buta huruf Al-Quran bersama LPI-RH. Enam puluh lima persen penduduk Indonesia masih buta huruf Al-Quran.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan untuk membantu program kami.

LPI-RH melakukan penyaluran kepada lebih dari 20 penerima manfaat setiap bulannya, dengan penyaluran rata-rata 20 juta per bulan dan menghasilkan lebih dari 180 aktivitas pendidikan masyarakat per bulan.

Karena komitmen LPI-RH adalah mendorong SDM Pendidik dan Pendakwah membina masyarakat Islam. Kami peduli dan kami ajak Anda peduli.[]

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan ke no.rekening,

BSM 70 9157 3525 a.n Yayasan Rumah Hufazh QQ Infaq

Konfirmasi ke 08961324556

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.