Dunia saat ini tengah dibuat gempar oleh salah satu makhluk Allah tak kasat mata bernama virus corona, entah berapa ribu jiiwa melayang oleh karena serangan penyakit yang menyerang pernafasan manusia ini, lebih ganas lagi virus ini tak pandang bulu menyerang setiap kalangan tanpa diketahui oleh si korban atau penderita Wallaahul Musta’aan.

Kekhawatiran setiap orang dalam menghadapi wabah ini tentu menambah kesan duka tersendiri serta perhatian dari banyak pihak, tak terkecuali alim ulama.

Adalah Asy-Syaikh Abdurrazzaq Al Badr, salah seorang Ulama besar kota Nabi, Madinah Al Munawwaroh yang baru-baru ini menulis sebuah makalah berisi nasehat kepada ummat manusia secara umum dan kepada kaum muslimin secara khusus tentang bagaimana seharusnya seorang muslim menghadapi wabah semisal corona.

Beliau menasihatkan 6 sikap menghadapi musibah Corona ini, berikut ringkasannya:

Pertama, Setiap muslim – dalam semua kondisinya- wajib senantiasa berpegang teguh kepada Tuhannya Jalla wa ‘Ala, bertawakkal kepada-Nya, dan meyakini semua urusan berada di tangan-Nya. Bahwa semua urusan ada di tangan Allah dan tunduk di bawah aturan dan perintah-Nya. Apa yang Allah kehendaki pasti terjadi dan apa yang tidak Dia kehendaki tidak akan pernah terjadi. Tidak ada pelindung terbaik selain Allah.

Karenanya,  wajib bagi setiap muslim menyerahkan urusannya kepada Allah dengan penuh harap dan tawakkal kepada-Nya. Ia meminta keselamatan dan kesembuhan hanya kepada Allah Tabaaraka wa Ta’ala. Mewabahnya penyakit Corona ini harus menambah dirinya dekat kepada Allah dengan berlindung dan menjaga perintah-Nya.

Kedua, berharap penjagaan dari virus Corona kepada Allah dengan menjaga perintah-perintahnya. Sebagaimana wasiat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam kepada Ibnu Abbas, “Jagalah Allah niscaya Allah menjagamu. Jagalah Allah niscaya engkau dapati Allah ada di hadapanmu.” (HR. Al-Tirmidzi)

Ketiga, Sesungguhnya syariat Islam mengajarkan kepada umatnya untuk berobat ketika sakit datang, dan berobat tidaklah bertentangan dengan tawakkal kepada Allah. Di antara bentuk berobat yang dianjurkan Islam adalah mencegah dari penyakit. Salah satunya dengan melazimi dzikir dan doa pagi dan sore.

Keempat, berhati-hati dengan berita hoaks. Jangan mudah termakan dan jangan mudah menyebarkan berita yang belum jelas kebenarannya berkaitan dengan penyakit covid 19 ini.

Kelima, semua musibah yang menimpa seorang muslim, berkaitan dengan kesehatannya, keluarga dan anaknya, atau harta dan bisnisnya, jika bersabar dan berharap kepada Allah, maka itu akan berbuah kebaikan di sisi Allah Subhanahu Wa Taala.

Keenam, wabah corona bagian dari musibah dunia. Seorang muslim jangan terlalu risau. Selama tidak merembet kepada agamanya.

Sesungguhnya musibah terbesar adalah musibah yang menimpa agama seorang muslim, dan itu adalah musibah terbesar baik di dunia maupun di akhirat. Ketika musibah menimpa agama seseorang, orang itu akan senang kepada maksiat dan berat melakukan ketaatan, dan itulah kerugian sebesar-besarnya kerugian. Maka inilah hakikat musibah yang hendaknya setiap muslim khawatir hal itu akan menimpa dirinya. [Selesai]

Semoga Allah menjaga agama kita, islam dan iman kita. Allah perkuat keyakinan kita sehingga terasa ringan musibah dunia yang kita terima. Amiin[]

Oct/rumahhufazh.or.id

______________________________________________________________

Ayo bantu program berantas buta huruf Al-Quran bersama LPI-RH. Enam puluh lima persen penduduk Indonesia masih buta huruf Al-Quran.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan untuk membantu program kami.

LPI-RH melakukan penyaluran kepada lebih dari 20 penerima manfaat setiap bulannya, dengan penyaluran rata-rata 20 juta per bulan dan menghasilkan lebih dari 180 aktivitas pendidikan masyarakat per bulan.

Karena komitmen LPI-RH adalah mendorong SDM Pendidik dan Pendakwah membina masyarakat Islam. Kami peduli dan kami ajak Anda peduli.

Ayo donasi minimal Rp.100.000/bulan ke no.rekening,

BSM 70 9157 3525 a.n Yayasan Rumah Hufazh QQ Infaq

Konfirmasi ke 08961324556.

Print Friendly, PDF & Email
rumahhufazh.or.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.