Program Kerja

Sebagai lembaga infaq dan pengembangan insani, kami memiliki tiga program utama, yaitu: Galang, Bangun dan Peduli. Ketiga program tersebut mewakili lembaga kami yang memiliki visi Menjadi Model Lembaga Infaq dan Pengembangan Insani yang Amanah & Profesional dalam Membangun Generasi Qur’an.

 

GALANG

Galang adalah sebuah semangat untuk saling mengisi. Sebagai lembaga infaq, kami mendorong semua lapisan masyarakat untuk bisa berpartisipasi dalam program membumikan Al Quran ini. Berpartisipasi dalam dakwah tidaklah harus memiliki berjuta-juta dan bermilyar- milyar tabungan. Partisipasi yang kami terima tidaklah terbingkai dengan uang dan harta saja.

  • Partisipatif

ini adalah salah satu program galang yang kami siapkan untuk mereka yang ingin membantu program kami dengan apapun yang mereka punya.

Sebagai lembaga pengembangan insani, kamipun membutuhkan fasilitas dan tenaga untuk operasionalnya. Dari sana kami menerima partisipasi dari muslimin Indonesia yang hendak meminjamkan tempat untuk program Rumah Hufazh atau kendaraan yang bisa bermanfaat untuk pelaksanaan program kerja kami. Hal lain yang kami terima adalah kontribusi tenaga dan waktu seorang muslim untuk mendidik mereka yang membutuhkan pengajaran, baik pada program rumah hufazh ataupun program lain yang akan kami laksanakan.

Kesimpulan:

  • Partisipasi peminjaman tempat
  • Partisipasi relawan tenaga
  • Partisipasi pinjaman Kendaraan
  • Dst
  • Galang Kencleng

Galang Kencleng adalah salah satu program andalan kami sebagai lembaga infaq. Dari sini kami membuktikan bahwa kami tidak hanya menerima infaq dalam jumlah besar. Moto kami pada program ini adalah “seribu rupiah kita galang sejuta makna bangun generasi” mencerminkan Partisipasi dari semua kalangan. Moto kami pun menjelaskan bahwa untuk membangun sebuah generasi dapat dimulai dari yang kecil walau dengan seribu rupiah.

Dana yang terhimpun dari infaq kencleng ini akan kami gunakan sebaik baiknya untuk mendanai aktivitas belajar mengajar santri tahfidz Quran di Rumah Hufazh. Hasil infaq ini akan meringankan mereka yang ingin belajar Al Quran namun tidak memiliki biaya, dan bisa juga menguatkan mereka yang sedang bejuang di jalan Allah dengan mengajarkan mereka Al Quran.

Selain itu hasil penghimpunan infaq ini akan kami gunakan untuk program kepedulian kepada masyarakat. Diantaranya: program melek Quran untuk anak usia dini dan orang tua di lingkungan tempat bedirinya rumah hufazh.

Kesimpulan:

  • Infaq dari kencleng untuk beasiswa santri/wati tahfidz Quran di Rumah Hufazh
  • Infaq dari kencleng inipun untuk program kepedulian
    • melek quran untuk usia dini dan orang tua.
  • Galang Donatur

Penghimpunan dana kepada donatur adalah program kami selanjutnya sebagai lembaga infaq. Pendanaan yang kami dapatkan dari donatur akan kami kelola secara amanah dan professional untuk pengadaan program akademi Quran dan keguruan (AQU-Guru) juga untuk operasional program pelatihan-pelatihan untuk para santri rumah hufazh.

Kesimpulan:

  • Pendanaan Donatur digunakan untuk operasional dan pendanaan Program AQU-Guru dan pelatihan
  • Waqaf Tempat

Program kami sebagai lembaga infaq selanjutnya adalah waqaf tempat. Tidak dapat dipungkiri rumah hufazh bermaksud membuka puluhan bahkan ratusan cabang di seluruh Indonesia. Kami membutuhkan sebuah rumah untuk menjalankan satu rumah hufazh.

 

BANGUN

Bangun adalah bukti semangat perjuangan kami. Sebagai lembaga pengembangan insani, kami memiliki tanggung jawab untuk membangun berbagai kegiatan yang telah menjadi komitmen kami. Pembangunan yang akan kami kedepankan berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar dan usaha membangun generasi dengan AL Quran.

  • Rumah Hufazh

Rumah Hufazh adalah program utama kami sebagai lembaga pengembangan insani. Di sana akan terlihat bahwa perjuangan kami mencetak generasi Qurani benar-benar nyata. Program ini merupakan implementasi misi organisasi kami.

Kami mengharapkan para penghafal Quran bisa terus bertambah di Indonesia. Karenanya kami mencanangkan akan membuat sebanyak-banyaknya Rumah Hufazh pada setiap kabupaten/kota di Indonesia. Untuk satu Rumah Hufazh kami menargetkan 10-12 peserta didik atau santri/wati yang akan dibina oleh seorang Hufazh. Setiap santri/wati adalah lulusan SMA/sederajat yang ingin belajar Al Quran dan menghafalkannya.

Harapkan kami adalah setiap lulusan rumah hufazh bisa membuka Rumah Hufazh di daerah asalnnya masing masing.

 

  • Akademi Quran dan Keguruan (AQU-Guru)

Akademi Quran dan keguruan adalah program lanjutan dari Rumah Hufazh yang bertujuan membentuk penghafal Quran yang memiliki kemampunan mengajar yang baik. Sebagai lembaga pengembangan insani, program ini merupakan program yang dapat menghubungkan antara penghafal Quran dan dunia professional. Selain itu lulusan dari AQU-Guru dipersiapkan untuk terjun di masyarakat.

Dalam program ini kami tidak hanya mengandalkan lulusan Rumah Hufazh sebagai peserta didik, tapi kami membuka akademi ini untuk masyarakat umum yang sudah mengajar namun tidak memiliki gelar.

Lulusan AQU-Guru diharapkan bisa berkontribusi di tengah masyarkat dalam membumikan Al Quran. Selain itu, juga akan dilibatkan dalam penyiapan konten kurikulum yang akan digunakan pada berbagai sekolah

 

  • Pelatihan

Pelatihan adalah program tambahan kami dalam membangun insan muslim Indonesia. Pendidikan informal yang bertujuan mengembangkan masyarakat agar memahami Al Quran sebagai motivasi dan aturan hidup. Selain itu kami mengharapkan masyarakat bisa merasakan manfaat dari pelatihan yang kami adakan.

Diantara pelatihan yang kami adakan adalah sanlat (pesantren kilat), Dauroh (pelatihan)Quran, pendekatan metode pembelajaran Al-Quran, pendekatan kurikulum tematik Al Quran dan lain-lain.

  • Bangun Kurikulum Sekolah Berbasis Quran

Selanjutnya kami merencanakan untuk membangun kurikulum sekolah berbasis Quran secara berkesinambungan. Produk ini adalah produk kedua yang kami sajikan untuk masyarakat Indonesia. Kurikulum ini diharapkan dapat dipergunakan secara luas oleh seluruh sekolah secara gratis.

Namun, untuk mencapai hasil maksimal kami mencoba memproduksi kurikulum ini secara serius dan professional. Adapun pembiayaan operasional tim pengembangan kurikulum dari para ahli dan lulusan AQU-Guru ini berasal dari galang kencleng yang telah kami jelaskan sebelumnya. Hal ini kami tempuh agar hasil yang dirasakan oleh peserta didik adalah hal yang benar-benar dipersiapkan oleh mereka, para pecinta Quran.

 

PEDULI

Peduli adalah bentuk tanggung jawab kami kepada masyarakat. Dalam program ini kami akan membuktikan bahwa orang-orang yang terlibat dalam rumah hufazh bisa peduli dengan masyarakat sekitar. Insya Allah kami akan selalu mengedepankan Program peduli yang selalu berkaitan dengan Al Quran.

Program ini dilaksanakan oleh semua yang terlibat dalam Rumah Hufazh, termasuk para santri hufazh dan mahasiswa AQU dan relawan partisipatif yang ingin bergabung dalam kegiatan Rumah Hufazh.

 

  • Baca Quran dengan program melek Quran

Tidak dapat dipungkiri, Al Quran adalah hal terpenting dalam kehidupan seorang muslim. Mendekatkan diri kepada Al Quran adalah hal yang dituntut dalam Agama. Betapa indah kehidupan seorang muslim bila berlandaskan Al Quran. Karena, Al Quran adalah aturan yang dapat memberikan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Program pertama PEDULI kami adalah program melek AL Quran. Program ini ditujukan untuk mereka yang belum bisa membaca Al Quran baik yang masih berusia dini, remaja, dewasa maupun kalangan orang tua.

Secara prinsip program PEDULI akan menargetkan semua sekolah dasar negeri atau swasta di lingkungan rumah hufazh berada. Semoga dengan ini kami dapat berperan dalam memperbaiki keadaan lingkungan dengan Al Quran.

 

  • Hafal Quran dengan program tahfizh di TPQ dan TPA

Selanjutnya program peduli kita adalah berkaitan dengan hafalah Quran. Berangkat dari keyakinan kita bahwa dengan Al Quran maka umat akan baik. Maka, kamipun yakin bahwa para penjaga Al Quran (hafizh Quran) adalah orang-orang yang diharapkan bisa membawa kebaikan itu kepada umat.

TPQ dan TPA adalah media ideal untuk membina anak anak. TPQ dan TPA yang kami targetpun adalah yang berada di sekitar lingkungan rumah hufazh yang kami bangun.

 

  • Kepedulian kemanusiaan

Tidaklah lengkap program ini tanpa kepedulian nyata kepada masyarakat yang lemah dan perlu ditolong serta terkena bencana alam. Hal ini juga dinilai sebagai bukti amalan kita berdasarkan Al Quran.

Print Friendly, PDF & Email